Theme Preview Rss

KONVERSI BITMAP KE VEKTOR ATAU VEKTOR KE BITMAP

Bitmap dan vector adalah kedua jenis gambar grafis yang diolah di komputer.Terdapat 2 perbedaan antara kedua jenis gambar ini. Untuk mendapat hasil cetak yang baik anda harus dapat menggabungkan kedua jenis gambar tersebut. Gambar-gambar yang merupakan hasil scan adalah gambar-gambar bitmap, sementara gambar-gambar yang dibuat menggunakan aplikasi seperti Adobe Illustrator, Freehand maupun Corel Draw akan tersimpan sebagai vector graphics. Akan tetapi Anda dapat melakukan konversi gambar antar keduanya, dan bahkan memungkinkan bagi keduanya untuk digabungkan ke dalam satu file. Maka dari itu antara vector dan bitmap saling berkaitan.

Sering kali para desainer melakukan perubahan format bitmap menjadi vector karena mereka menganggap vektor jauh lebih unggul dari pada bitmap. Proses ini biasa disebut tracing. Tracing ini bisa dilakukan dengan beberapa aplikasi. Misalnya Adobe Illustrator, Macromedia Freehand, Corel-Draw, Xara X ataupun software khusus tracing seperti CorelTrace. 

Berikut ini adalah cara mengkonversi dari bitmap ke vector menggunakan Corel Draw X3 :

  •  Pilih gambar/image bitmaps (photo, Hasil scan, dan lain sebagainya)
  • Pilih Bitmaps pada menubar, lalu pilih Trace Bitmap
  • Lalu akan muncul disampingnya beberapa pilihan type (line art, logo,dan teman-temannya), pilih salah satu, dan akan tampak window baru.
  • Dalam tampilan tampak gambar asli (Bitmap) dan gambar trace berupa gambar vector.
  • Pada tampilan menu Options:  
  1.  Type of image , pilih salah satu (misal pilih logo atau yang lain coba-coba saja dan lihat perubahan pada tampilan vektornya)
  2.   Atur smoothing dan detail sesuai keinginan, lihat perubahan pada tampilannya.
  3. Color mode akan menentukan mode warna pada gambar vector hasil trace.  
  4. Pada menu options, kotak delete original image, jika diaktifkan maka nanti gambar bitmap akan terhapus, diganti gambar vector pada halaman corel draw- nya. 
  • Setelah di otak-atik pengaturannya, terus klik OK. 
  • Maka pada halaman Corel Draw, gambar Bitmap akan tertumpuk dengan gambar Vektor nya, geser gambar vektornya, dan bisa dirubah warna, di ungroup, dll…..
Salah satu hal yang harus diperhatikan pada saat konversi adalah kualitas image awal. Pertama, jika sekedar konversi tanpa ada bantuan enhancing kualitas image tidak akan lebih baik meski ukuran file lebih besar. Kedua, ukuran lebih besar bukan berarti lebih banyak data yang disimpan, bisa jadi karena tingkat kompresi lebih kecil, jadi boros tempat.

Di bawah ini contoh gambar bitmap menjadi vektor dengan teknik tracing



  



Vektor pun bisa di ubah menjadi bitmap sangat mudah sama seperti merubah bitmap menjadi vektor dengan hanya cukup klik convert to bitmap maka file vektor yg di buat menjadi format bitmap.Dengan demikian tampilan gambarnya pun sama seperti vektor yg berubah hanyalah formatnya saja. dan apabila di zoom 800% akan terlihat pecah gambarnya pada file Bitmap tersebut.

Di bawah ini contoh gambar vektor menjadi bitmap


 








Sumber :

0 comments:

Post a Comment